Kamis, 10 Januari 2013

DI BALIK RASA PEDAS CABAI

CABAI ternyata banyak mendatangkan manfaat untuk kesehatan.Rasa pedas cabai ternyata cocok untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan nafsu makan.Berbahagialah anda yang menyukai rasa pedas cabai.Sebab,dibalik sensasi rasa pedas cabai terdapat begitu berjuta manfaat dan kandungan gizi yang sebelumnya tidak kita ketahui.Selain berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan,rasa pedas cabai ternyata juga memiliki manfaat lain untuk tubuh.

Dalam ilmu kesehatan,buah dan daun cabai serta rasa pedas yang ada padanya memberikan manfaat. Antara lain untuk kesehatan jantung,kanker,pencegah stroke,dan meningkatkan nafsu makan. Suaramerdeka.com menulis bahwa senyawa capsaicinoids yang memberikan rasapedas cabai terbukti memberi manfaat bagi kesehatan jantung dan meningkatkan nafsu makan.Belum lagi kemampuannya merangsang produksi hormon endorphin yang mampu meningkatkan sensasi kenikmatan .Selain itu juga mencegah pengikatan karsinogen (zat pendorong timbulnya kanker)dengan DNA,sehingga memberikan beberapa perlindungan dari kanker.

Capsaicinoids (kapsaisins) juga dapat mengencerkan lendir sehingga melonggarkan penyumbatan pada tenggorokan dan hidung,termasuk sinusitis.Kapsisin juga bersifat antikoagulan dengan cara menjaga darah supaya tetap encer dan mencegah terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah.Itu juga berarti memperkecil kemungkinan terjadi srangan stroke,jantung koroner,dan impotensi.Sedangkan dalam dunia industri farmasi,cabai merupan salah satu bahan campuran untuk pembuatan balsem, inhaler,dan permen pengganti rokok. Bubuk cabai juga bisa dimanfaakan sebagai pengganti fungsi lada yang bisa memancing selera makan.Sedangkan ekstrak bubuk cabai digunakan dalam pembuatan minuman ginger beer.Selain kegunaan tersebut,bubuk cabai pun dapat dijadikan sebagai bahan obt penenang.Sementara kandungannya bioflawonoids yang ada didalamnya,selain dapat menyembuhkan radang akibat udara dingin,juga dapat menyembuhkan polio.

Manfaat dari capsaicinoids ini juga dibuktikan dari beberapa peneliti yang dilakukan oleh para ahli kesehatan dengan menggunakan hewan sebagai bahan percobaannya.Para ilmuwan dari Universitas Hong Kong mempelajari capsaicinoids dan kerabat kimia lainnya,mempengaruhi pembuluh darah hamster sebagai hewan percobaan.Penemuan yang dipresentasikan pada pertemuan American Chemical Society di San Diego itu membuktikan keunggulan dari bahan utama yang memberikan rasa pedas pada cabai. Para peneliti memberi hamster makanan tinggi kolestrol dengan berbagai bumbu pedas.Hasilnya hamster yang diberi makanan pedas terpantai memiliki tingkat kolestrol buruk “LDL” yang rendah dalam darah mereka.Mereka juga mengalami penurunan plak di arteri jantung dibandingkan denagan hamster yang tidak diberi makanan pedas.Sementara itu penelitian lain manyebutkan,seekor tikus mengidap hipertensi,diberi senyawa kapsainsin,dan diamati perkembangannya.Ditemukan adanya penurunan tekanan darah pada hewan pengerat lebih rendah dari waktu kewaktu.

Namun demikian butuh studi lebih lanjut untuk menentukan jumlah konsumsi cabai perhari yang harus dimakan,untuk mendapatkan manfaat kesehatan tersebut.Tekanan darah tinggi kadang tidak memberikan tanda jelas akan datangnya serangan stroke,jantung dan gangguan ginjal. Sementara itu Zhen-Yu Chen,profesor ilmu pangan di Universita Hong Kong mengatakan meskipun temuan itu membuktikan rasa pedas dapat meningkatkan kesehatan jantung pada manusia,namun manusia tidak dianjurkan mengkonsumsi dengan jumlah yang berlebihan.
“Cabai memang memberi rasa pedas yang menyenangkan.Namun kami pasti tidak menyarankan agar Anda memakan cabai secara berlebihan,”kata Chen seperti dikutip Suaramerdeka.com.
Jadi,meski cabai memiliki manfaat yang begitu dahsyat bagi kesehatan tubuh manusia,namun jumlah yang dapat dikonsumsi terbatas.Jadi konsumsilah cabai seperlulah agar sehat.Jika berlebih,bukan sehat yang datang tapi PETAKA.

### dari berbagai sumber ###

2 komentar:

  1. kunjungan malam sob..
    Saran saya, blog mu di kasih buku tamu / cbox nya dong...
    Ditunggu kunjungan balik nya

    BalasHapus
  2. iya sob,,,terimakasih kunjungannya dan juga atas sarannya

    BalasHapus