Kamis, 21 Maret 2013

Institut Teknologi Sumatera

Institut Teknologi Sumatera (ITS / ITERA) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Bandar Lampung. Upaya percepatan pembangunan nasional, khususnya dalam bidang sains, teknologi dan budaya, memerlukan kesiapan penyediaan sumberdaya manusia yang unggul. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki program pendirian institut teknologi negeri di Sumatera.
Sebagai langkah awal penyelenggaraan, ITB dan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung akan melaksanakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana ITERA untuk Tahun Akademik 2012/2013 melalui program mandiri (selanjutnya disebut SPM-ITERA 2012). Mengingat pembangunan Kampus ITERA masih pada tahap perencanaan, calon mahasiswa yang dinyatakan diterima melalui SPM-ITERA 2012 akan mengikuti perkuliahan di Kampus ITB Jatinangor, Jawa Barat.
Karena keterbatasan daya tampung saat ini, jumlah yang akan diterima sementara dibatasi 100 mahasiswa pada 5 program studi. Secara bertahap penerimaan ini akan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang baik prodi maupun jumlah mahasiswanya. Setelah izin pendirian dari Presiden Republik Indonesia terbit dan Kampus ITERA di kawasan Kota Baru, Kabupaten Lampung Selatan sudah siap dioperasikan secara penuh untuk kegiatan akademik (diperkirakan mulai Tahun Akademik 2014 sesuai dengan rencana penyelesaian[2]), para mahasiswa ITERA secara bertahap akan dipindahkan dan mengikuti perkuliahan di Kampus ITERA Kota Baru, Kabupaten Lampung Selatan.

Program Studi

FISIKA

Ilmu fisika merupakan salah satu pilar utama ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan pemahaman mengenai fenomena alam serta kemungkinan aplikasinya dalam meningkatkan kesejahteraan hidup umat manusia. Mahasiswa angkatan pertamanya berjumlah 6 orang.

Teknik Elektro

Teknik Elektro adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Teknik elektro melibatkan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Insinyur Teknik Elektro adalah kaum profesional yang memegang peranan penting dalam mengembangkan dan memajukan teknologi tinggi dalam dunia komputer, laser, penjelajahan angkasa, telekomunikasi, energi, dan aplikasi lainnya dari perangkat dan sistem elektronik. Teknik elektro dibutuhkan hampir disemua bidang, antara lain insinyur dari teknik kimia,teknik mesin, dan teknik sipil untuk merancang, mengembangkan, dan membantu produksi berbagai macam produk dan jasa seperti sistem distribusi energi, komputer pribadi, sistem satelit, radio genggam, sistem radar, mobil listrik, jantung buatan, dan lain-lain yang melibatkan komponen listrik dan elektronik. Kontribusi Teknik Elektro diperkirakan akan terus berkembang pada masa yang akan datang. Saat ini mahasiswa Teknik Elektro terdiri dari 14 mahasiswa.

Teknik Geofisika

Teknik Geofisika mempelajari aspek-aspek fisik dan dinamis bumi, yang mencakup kegiatan pengukuran dengan menggunakan peralatan geofisika (gravity, seismic, geomagnetic, geoelectric, elasticity, radiometric dating, serta melakukan kuantifikasi proses alam dalam bentuk nyata), melakukan pemrosesan data mengenai gejala-gejala alam, serta melakukan interpretasi data yang secara keseluruhan dapat dimanfaatkan oleh komunitas ilmu kebumian.

Perencanaan Wilayah dan Kota

Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota adalah prodi yang mempelajari tentang perencanaan, baik pada aspek keruangan (spasial) atau yang dikenal dengan perencanaan tata ruang dan pembangunan atau perencanaan pembangunan. Pemahaman tentang aspek keteknikan, ekonomi, sosial, kemasyarakatan menjadi bahan kajian untuk menghasilkan lulusan yang dapat membuat perencanaan pada skala lokal (site plan atau detailed plan), perencanaan kabupaten/kota, propinsi dan nasional. Adapun bidang kajiannya antara lain dapat juga, namun tidak terbatas, pada pariwisata, transportasi, industri, pedesaan, partisipasi masyarakat, kebencanaan, perubahan iklim dan sejenisnya. Mahasiswa angkatan pertamanya berjumlah 13 orang.

Teknik Geodesi dan Geomatik

Dalam Program Sarjana Teknik Geodesi dan Geomatika, mahasiswa dididik melalui kegiatan perkuliahan, praktikum (di laboratorium dan lapangan), kemah kerja dan penelitian tugas akhir. Mata kuliah wajib dalam kurikulum mencakup mata kuliah ilmu dasar (geodesi, (survey dan pemetaan) serta teknologi informasi spasial (satelit penginderaan jauh dan sistem informasi geografi) dan mata kuliah pilihan yang merupakan pendalaman dan aplikasi dari ilmu geodesi yaitu antara lain: sistem informasi geospasial, kadaster, survei rekayasa pantai, survei satelit untuk penentuan posisi, dan survei deformasi & geodinamika. Mahasiswa angkatan pertamanya berjumlah 14 orang.




alamat situs : http://www.itera.itb.ac.id .
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar